Jumat, 22 Februari 2013

Hal yang harus di Persiapkan Menuju Pernikahan


By: Yulia

Pernikahan pada usia dini tidak saja terjadi di kalangan artis bahkan banyak dari masyarakat di Indonesia yang menjalani pernikahan dini. Banyak yang mengatakan pernikahan dini rentan terhadap perceraian. Pasalnya, usia yang masih sama-sama muda membuat pasangan suami istri tidak mampu mengekang egonya masing-masing. Tetapi haruskah pernikahan dini berujung pada perceraian? Lantas bagaimana caranya agar pernikahan dini yang anda jalani tidak rentan terhadap percerain ?

Pernikahan dini atau pernikahan di usia muda banyak terjadi di kalangan artis. Fenomena selebritis yang menikah di usia muda menjadikan sedikit gambaran bahwa menikah muda erat kaitanya dengan seks pra-nikah. Namun tak melulu menikah muda adalah alas an menghindari perzinahan. Buktinya, banyak juga artis atau mungkin anda sediri yang masih bertahan dalam pernikahan di usia dini.

Oleh karena itu, pernikahan dini pun harus melalui proses yang matang, sehingga tidak akan menjadi gunjingan banyak orang nantinya. Nah, untuk anda yang benar-benar ingin menikah muda karena berdasarkan cinta, berikut kami sajikan 9 Tips untuk menjadikan pernikahan anda tetap awet :

1. Mengenal Pasangan

Jangan anggap pernikahan anda ini adalah cinta monyet. Awalilah pernikahan anda dengan mengenal pasangan anda. Pengenalan akan selalu terus berjalan dan jangan anggap anda sudah sangat mengenal pasangan anda. Karena banyak hal-hal kecil yang mungkin belum anda ketahui. “Tentu saja merekan berdua harus punya satu kemampuan untuk bisa lebih menyatukan antara ego masing-masing,”. Ujar Cherly Prihartina, Psikolog dari Lynx Communication. Penyatuan ego inilah yang nantinya dapat menyatukan anda berdua sehingga kehidupan keluarga dapt berjalan dengan lancar.

2. Penyesuaian diri antar pasangan

Setelah perkenalan, anda juga perlu menyesuaikan diri. Penyesuaian diri ini tidak hanya antara anda berdua, namun juga keluarga anda berdua. “ Anda harus bisa mempresentasikan pasangan anda kedepan orang tua anda, ” tutur wanita yang akrab dipanggil Tina ini. Jika tidak mengenal dan mencoba menampilkan yang terbaik dihadapan orang tua, nantinya orang tua akan anyak ikut campur dalam permasalahan rumah tangga anda.

3. Mencari Minat Bersama

Usia anda berdua masih sangat muda. Tentunya banyak sekali penyesuaian yang harus dilakukan. Hobi Masing-Masing yang kadang masih suka dilakukan, janganlah dijadikan alasan untuk memulai suatu pertengkaran.. Anda yang tadinya hobi menonton di Bioskop dengan teman-teman, saat menikah anda mersa terkekang kaaatidak diizinkan berkumpul dengan teman. Untuk menghindari hal itu, yang harus dilakukan ialah mencari minat bersama-sama. Pasangan anda harus mulai belajar menyukai hobi anda, agar ketika anda ingin menjalankan hobi anda, pasangan pun ikut menemani. Begitu pula anda, anda harus bersikap bijaksana dan mulaimencoba mengenal teman-teman dekatnya dan menyukai hobinya. “ Karena umur segetu masih dalam masa bergaul. ” Ujar wanita yang juga produser banyak iklan ini.

4. Saling terbuka

Selalu komunikasikan apa saja dengan pasangan anda. Ketika saat pacaran, anda masih malu-malu mengungkapkan kekurangan pasangan, saatnya sekarang anda bisa membicarakan hal-hal apapun yang menjadikan anda berdua semakin harmonis. Jangan sampai ada rahasia antara anda berdua.

5. Jangan Tinggal Serumah Dengan Orang Tua

Dengan tinggal terpisah dengan orang tua akan menjadikan Anda berdua menjadi mandiri. “ Biasanya kalau anda terpisah dengan orang tua, Anda akan lebih bertanggung jwab terhadap apa yang anda lakukan, “ Ujar Tina.

6. Atur Pengeluaran

Biasanya diusia belasan sampai awal 20 tahunan, seseorang belum bekerja. Banyak juga pernikahan dini terjadi saat di bangku kuliah. Nah untuk mengatur pengeluaran, hendaknya memiliki pekerjaan disamping kuliah. Namun ketika pengeluaran anda masih ditanggung oleh orang tua Anda berdua, sebaiknya anda dapat mengatur uang anda berdua dengan baik. Jangan pernah menganggap uang itu adalah uang dari orang tua pasanganAnda, tetapi anggap uang itu adalah uang untuk anda berdua. Persoalannya ialah bagaimana uang tersebut dapat terpakai dengan baik. Tunjukkan juga kepada orang tua anda dan pasangan bahwa anda berdua memang mampu untuk mengatur keuangan dengan baik, dengan cara tidak menghambur-hamburkan Unghasil pemberian mereka.

7. Karir Jangan Terhambat Akibat Menikah Dini

Menikah dini bukan berartimengakhiri karir. Setelah menikah, jangan lantas anda mengesampingkan karir yang ada dihadapan anda. Ambilah kesempatan yang bisa membuat anda lebih berkembang. Kalau itu menghambat, lebih baik itu dipikirkan ulang,”Kata Tina. Anda tak ingij pendidikan yang telah anda raih terhempas begitu saja bukan? Ketika pasangan anda melarang untuk bekerja, jelaskanlah secara perlahan kepada pasangan bahwa keinginan anda ialah untuk masa depan anda berdua nantinya.

8. Menjadi Orang Tua Yang Baik

Menikah berarti harus siap dengan kehadirann anak. Ketika akan hadir dalam pernikahan anda, BIasanya anda akan menitipkan anak anda ka orang tua, karena anda masih mengurusikulijangan lntas membiarkan anak anda diasuh sepenuhnya oleh orang tua anda, karena nantinya anak anda akan tidak mengenal ibunya sendiri. Cara yang paling mudah ialah selalu menengok anak anda minimal seminggu sekali, usahakn anda ada di sampingnya ketika ia belajar berjalan atau mengucapkan kata”mama”.

9. Tetap memiliki Waktu Bersama

Kerika sudah menikah, romantisme harus tetap dibangun. Usahakan tetap memiliki waktu untuk hang out bersama pasangan atau ke tempat kenangan anda berdua saat pacaran. “ Enjoy saja. Bukan berarti ketika sudah menikah, anda harus berubah penampilan, say that I love you harus tetap dilakukan terus,” Ucap Tina.

Nah banyak caranya kan yang bisa dilakukan untuk menghadapi pernikahan dini? Persiapan mental, pendekatan dengan keluargapun harus terus dilakukan, disamping kondisikeuangan yang baik. Tujuannya tak lain agar pernikahan anda dapat berjalan langgeng. Bagaimana, apakah anda sudah siap menikah mu- ?

BACA SELENGKAPNYA

Sumber: http://www.kandadindasouvenir.com

>> Tips menggelar acara pesta pernikahan
>> Jasa desain foto wedding online

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel Populer

 

Design By: SkinCorner
Dari Dagangku.com, Jasa Video Shooting jakarta